Apresiasi Tertinggi dari Kemenhub untuk Insan Transportasi

Penganugerahaan Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2021-2022 merupakan bentuk apresiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada pelaku jasa transportasi yang telah menyediakan layanan perhubungan dengan selamat, aman dan nyaman.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar acara Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2021-2022. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi operator transportasi yang telah memberikan pelayanan terbaik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (26/10/2022). Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal Kemenhub, Novie Riyanto, para pejabat pimpinan tinggi madya di lingkungan Kemenhub, para pimpinan BUMN, dan perwakilan dewan juri.

Menhub berharap penghargaan yang diberikan dapat mendorong penyedia jasa transportasi memberikan layanan dengan mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

“Saya mengapresiasi upaya perbaikan pelayanan yang terus konsisten dilakukan. Karena tugas kita bagaimana membuat masyarakat pengguna jasa transportasi merasa puas,” ujar Menhub.


KATEGORI

Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2021-2022 terbagi dalam tiga kategori yakni kategori Prima Madya, kategori Pratama, dan penghargaan tertinggi kategori Prima Utama. Masing-masing kategori diikuti oleh operator transportasi dari Kemenhub, BUMN/BUMD, dan swasta.

Penilaian dilakukan secara independen dan objektif oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kantor Staf Kepresidenan (KSP), akademisi, pemerhati transportasi, dan jurnalis.

Ada enam aspek yang dinilai yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana pelayanan publik, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi. Sebanyak 136 unit pelayanan publik telah mengikuti proses penilaian penghargaan ini.

“Saya selalu menekankan jangan ada gap antara regulator dan operator, sehingga tidak ada birokrasi yang rumit. Kita bersinergi bersama melayani masyarakat,” Menhub menambahkan.


PACU SEMANGAT

12 bandara kelolaan Angkasa Pura (AP) I berhasil meraih penghargaan di tiga kategori yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Ahmad Yani Semarang yang berhasil meraih penghargaan kategori Prima Utama; Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada kategori Prima Madya; serta Bandara Juanda Surabaya, Bandara Internasional Lombok, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sentani Jayapura dan Bandara Frans Kaisiepo Biak pada kategori Prima Pratama.

GM Angkasa Pura I, Minggus ET Gandeguai, menyambut gembira hasil penilaian yang menempatkan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado di urutan teratas Penghargaan Pelayanan Prima Madya. Penghargaan ini, kata Minggus, menjadi pendorong pihaknya terus berinovasi menghadirkan layanan prima lebih baik lagi.

“Penghargaan ini tentunya akan terus memacu kita agar kedepannya bisa lebih baik,” ujar Minggus.

Hal senada diucapkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha saat menerima penghargaan dari 10 (sepuluh) Unit Pelayanan Publik di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL).

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian tersebut, meraih Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2021-2022. Untuk Unit Pelayanan Publik lainnya yang belum mendapatkan kesempatan, jadikan momen ini sebagai penyemangat untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan prima sedangkan yang mendapatkan penghargaan jangan berpuas diri terus tingkatkan pelayanan untuk masyarakat,” pesan Arif. (*)

Klik tautan dibawah ini untuk berbagi artikel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp